Mengawali bisnis online dengan affiliate marketing

Bookmark and Share
Pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran kita saat mengetahui informasi adanya Bisnis Internet adalah Bagaimana saya harus memulainnya ? Dari mana saya harus mengawalinya ? Pertanyaan ini timbul karena di dunia internet banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan berkenaan dengan bisnis internet yang kadang membuat kita justru semakin binggung untuk memulainya. Dan hebatnya lagi semua menawarkan kemudahan, penghasilan yang berlipat dan bonus yang berlimpah. Untuk itu diperlukan kejelian kita dalam memilah dan memilih informasi. Maka sangat diperlukan referensi-referensi yang terpercaya untuk sebuah informasi. Dan Setelah kita menentukan pilihan maka sikap FOKUS terhadapa pilihan kita mutlak diperlukan.
Salah satu langkah mudah untuk mengawali bisnis internet adalah Program AFFILIATE MARKETING. Apa Affiliate Marketing, bagaimana mengikuti program affiliate marketing dan beberapa contoh program affiliate marketing akan kita bahas berikut ini :
Apa Affiliate Marketing ?
Dalam definisi sedeharna affiliate marketing adalah memasarkan produk orang lain dan mendapatkan komisi bila kita berhasil menjual produk tersebut. Dalam bisnis konvesional hal tersebut sudah lazim disebut dengan broker, calo atau perantara. Affiliate marketing dapat kita jadikan langkah awal untuk mulai bisnis online karena cara kerjanya tidak rumit dan kitapun tidak harus memiliki produk untuk dijual. Beberapa keuntungan affiliate marketing dibandingkan dengan bisnis konvensional di dunia nyata adalah selain kita tidak perlu memiliki produk, kitapun tidak perlu memiliki karyawan, dan tempat produksi. Disamping itu proses distribusi produkpun kita tidak perlu memikirkannya lagi. Yang penting kita berusaha semaksimal mungkin agar konsumen membeli produk melalui kita.
Bagaimana Mengikuti Program Affiliate Marketing ?
Untuk mengikuti program Affiliate Marketing biasanya biasanya kita harus menjadi member pemilik program affiliate tersebut atau dengan kata lain kita sudah membeli produknya kecuali beberapa program affiliate yang gratis misalnya : klikrupiah.com, hosting, dll. Berikut beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk mengikuti program affiliate :
  1. Mencari web site yang memilik program affiliate caranya bisa dengan searching di google dengan kata kunci affiliate program, program affiliasi, bisnis internet, bisnis online dan kata-kata sejenis.
  2. Setelah kita menemukan web yang menawarkan program affiliasi, pelajari web tersebut apakah pemiliknya professional atau tidak dengan melihat penampilan webnya. Tetapi tidak cukup penampilan saja kita juga perlu mencari referensinya kepada situs lain dengan cara searching melalui kata kunci review ‘nama web yang dimaksud’ misal review formulabisnis. Adapun tips memilih program affiliate dapat diklik disini.
  3. Perlu juga kita melihat produk yang ditawarkan, apakah berkualitas atau tidak, produk yang banyak dibutuhkan atau tidak. Hal ini akan berpengaruh kepada kemudahan kita menjual pada orang lain.
  4. Setelah kita yakin dengan program affiliate beserta produknya langkah berikutnya kita mendaftar menjadi member dengan mengisi form yang sudah tersedia dan biasanya kita diminta untuk menyetujui affiliate agreement yaitu perjanjian legal antara kita dengan pemilik program.
  5. Setelah selesai pendaftaran dan kita menyetujui affiliate agreement maka kita akan mendapatkan link affiliate yang bentuknya seperti : http://www.program.com/?id=userid. User id ini diberikan secara khusus kepada kita untuk mengidentifikasi penjualan kita. Dan link affiliate inilah yang kita pasarkan, sehingga kalau ada orang yang membeli produk melalui link affiliate kita tersebut kita akan mendapatkan komisi yang besarnya sesuai kebijakan pemilik produk.
Demikian beberapa hal tentang affiliate marketing adapun bagaimana cara mempromosikan link affiliate tersebut dapat dilihat disini

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment